Senin, 02 Januari 2012

Aplikasi Convert PDF to Word

Terkadang kita sering mendapat tugas dari guru/dosen untuk mengerjakan suatu tugas mencari sebuah artikel, tulisan, dan sebagainya. Tetapi, sering terjadi masalah yaitu bentuk file yang sudah kita, misalkan kita sudah mendownload suatu tulisan, tetapi kita masih ingin mengedit kata-katanya, tetapi yang ada malah tidak dapat di edit dikarenakan bentuk file yang kita download adalah PDF. Jika terjadi hal tersebut maka hal yang harus dilakukan adalah kita harus merubah bentuk file tersebut kedalam bentuk word. Disini saya akan memberi suatu software yang dapat digunakan dalam mengubah jenis file yang digunakan, sehingga anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara merubahnya.
Pertama download aplikasinya yang bernama PDF2WORD disini
Kedua, setelah didownload instal aplikasi yang telah anda download
Selanjutnya Karena aplikasi ini ada lisensi maka ketika Anda pertama kali membuka aplikasi ini secara otomatis aplikasi ini akan meminta lisensi. Isilah lisensi tersebut dengan isian sebagai berikut : E-mail = kk@kk.com dan Registration key: 370783914547D6C48895. Klik Ok jika sudah selesai melakukkan pengisian. Jika kurang mengerti perhatikan gambar dibawah ini
Langkah selanjutnya adalah klik file kemudian pilih open.
Kemudian pilihlah document atau file yang berformat Adobe Acrobat Reader (.pdf) yang ingin dijadikan Microsoft Word (.doc). Setelah itu klik Open.
Setelah itu Anda akan dihadapkan beberapa menu oleh aplikasi VeryPDF PDF2Word seperti Reconstruction, General, Languages dan Graphics. Dari beberapa menu ini, hanya 2 yang perlu Anda ketahui : 1. Menu Reconstruction, pada menu ini pilihlah option Combine text blocks Automatical agar susunan kalimat menjadi sedikit rapi. 2. Menu Graphic, di menu ini Anda bisa memilih apakah gambar yang berada pada file pdf tersebut dimasukin atau tidak jika di convert ke word ?, jika ingin diambil jangan centang 2 option yang ditawarkan oleh menu graphic ini tapi jika tidak dipakai centanglah 2 option tersebut. Setelah mengisi option tersebut, Klik Ok untuk meneruskan proses convert.
Tahap selanjutnya adalah prose penyimpan file yang ingin diconvert, pilih dimana document/file ini disimpan dan isilah file name dari document/file tersebut.
Tunggulah beberapa saat untuk proses convert ini.
Setelah Proses di atas selesai. Proses convert pdf to word pun selesai. Silahkan check file yang sudah Anda convert. Jangan lupa untuk bergabung di blog ini yah...